Minggu, 09 Agustus 2009

Profil POKJALUH

PROGRAM KERJA
KEL0MPOK KERJA PENYULUH AGAMA ISLAM
KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN CIREBON
TAHUN 2009 - 2011

A. PENDAHULUAN
Untuk dapat mencapai tujuan Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (POKJALUH) Kantor Departemen Agama Kabupaten Cirebon, maka perlu ditetapkan Program Kerja, sebagai kerangka acuan pengurus dalam menjalankan roda organisasi. Program yang ditetapkan dalam Musyawarah Kerja ini diarahkan untuk meningkatkan dan mengembangkan peran Departemen Agama dalam membangun umat khususnya di Kabupaten Cirebon.
Mengingat kompleksitas masalah yang dihadapi oleh Departemen Agama, maka penetapan program ini disesuaikan dengan kemampuan POKJALUH dengan memperhatikan Program Kerja Departemen Agama Kabupaten Cirebon.
Untuk memberikan kerangka yang sistematis, maka Program Kerja POKJALUH Periode 2009 – 2011 ini disusun sebagai berikut: A) Pendahuluan, B) Landasan, C) Program Kerja Umum, D) Program Kerja Khusus (Departemen-Departemen, dan E) Penutup.

B. LANDASAN
Program Kerja POKJALUH Periode 2009 – 2011 ditetapkan berdasarkan landasan al Qur’an dan al Hadits, Keputusan Menko Wasbangpan nomor 54 / Kep.Waspan / 9 / 1999, dan Musyawarah Kerja POKJALUH Departemen Agama Kabupaten Cirebon tahun 2009. 

C. PROGRAM KERJA UMUM
Secara umum Program Kerja POKJALUH Periode 2009 – 2011 diarahkan untuk mengembangkan berbagai potensi Penyuluh Agama Islam; meningkatkan peran dan tanggungjawab Penyuluh Agama Islam (PAI) baik kepada Departemen Agama maupun kepada masyarakat; meningkatkan ikatan silaturrahim/kerjasama antar dan intern Penyuluh Agama Islam; dan meningkatkan kwalitas SDM Penyuluh Agama Islam.

D. PROGRAM KERJA KHUSUS
Adapun Program Kerja Khusus dituangkan dalam Program Kerja Departemen-Departemen antara lain sebagai berikut :
1. Bidang Kesekretariatan
a. Membuat Sekretariat Pokjaluh
b. Membuat data base PAI
c. Mengefektifkan peran dan fungsi sekretariat Pokjaluh sebagai pusat aktivitas kepenyuluhan
2. Bidang Kebendaharaan
 a. Menerima dan memungut infaq anggota secara rutin
 b. Mencari dan mengumpulkan penggalangan dana untuk kepentingan Pokjaluh
 c. Memiliki nomor rekening Pokjaluh di Lembaga Perbankan
 d. Merencanakan pengadaan kelengkapan sarana sekretariat
3. Departemen Pengembangan Potensi Penyuluh Agama Islam
 a. Membantu PAI dalam proses kenaikan pangkat
 b. Membantu menyalurkan PAI dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu
  c. Merekomendasikan PAI teladan tingkat Kabupaten Cirebon untuk diikutsertakan dalam Lomba PAI teladan tingkat Propinsi Jawa Barat
  d. Mengoptimalisasi TK/TPQ dan Majelis Ta’lim
4. Departemen Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan
a. Mengadakan pertemuan-pertemuan ilmiah antar PAI
b. Mengadakan pengkajian atas masalah-masalah keagamaan dan kemasyarakatan aktual
c. Mengadakan kegiatan Diklat atau Orientasi Kepenyuluhan
5. Departemen Humas dan Kerjasama
  a. Mengadakan kerjasama antara Pokjaluh dengan Dinas Intansi, Lembaga tertentu atau Organisasi lainnya
b. Mengadakan pertemuan rutin minimal satu kali dalam sebulan
6. Departemen Informasi dan Komunikasi
a. Mempublikasikan hasil-hasil penting kegiatan Pokjaluh
b. Mengupayakan untuk menerbitkan Bulletin Dakwah dan Naskah Khutbah
c. Meminta dan menampung informasi mengenai aktivitas PAI
d. Mempublikasikan Dakwah melalui Media Cetak dan elektronik

E. PENUTUP
Demikian Program Kerja POKJALUH ini disusun, dengan harapan dapat dilaksanakan oleh Pengurus POKJALUH Periode tahun 2009 – 2011. Semoga apa yang kita kerjakan mendapat Ridho dan ma’unah Allah Swt. Amiiin.

  Sumber, 02 Pebruari 2009
Ketua POKJALUH,



Mursana, M.Ag
NIP. 150299656


SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK KERJA PENYULUH
KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN CIREBON
 PERIODE 2009 – 2011



PEMBINA : KEPALA KANDEPAG KABUPATEN CIREBON
PENASEHAT : KEPALA SEKSI PENAMAS
KETUA : MURSANA, M.Ag
SEKRETARIS : YAHYA, S.Ag
BENDAHARA : Drs. SUBHAN


DEPARTEMEN – DEPARTEMEN

1. Departemen Pengembangan Potensi Penyuluh Agama Islam
1. Drs. APAY
2. Wiwip Sirojuddin, S.Ag

   
2. Departemen Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan
1. Apip Juhyono, S.Ag
2. Drs. Ridwan


3. Departemen Humas dan Kerjasama
1. Munir, S.Ag
2. Didi Nurhadi, S.Ag
3. Drs. Khudhori Bey


4. Departemen Informasi dan Komunikasi
1. Muhaimin, S.Ag
2. Abdul Ghoni ZA
3. Imron Rosyadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar